Long Life’s Education

Long Life’s Education.Saya mengenal istilah itu kurang lebih 25 tahun yang lalu. Sampai hari ini saya belum tahu pasti siapa orang yang pertama kali membuat kalimat tersebut. Long Life’s Education, frasa yang sederhana namun punya maksud yang sangat dalam bila di realisasikan dalam kehidupan. Dalam hal ini saya akan menuliskan arti Long Life’s Education. Dari segi bahasa , Long Life = Sepanjang hidup/seumur hidup/sepanjang massa

Education = Pendidikan

Yang mana jika di gabung menjadi “Pendidikan Sepanjang massa/seumur hidup/selamanya.”Dengan pengertian tersebut maka Pendidikan adalah milik semua orang dan semua tingkatan tanpa memandang usia. Pendidikan sendiri ada dua macam sifatnya yaitu Pendidikan formal dan Pendidikan non formal. Dengan berpedoman kepada Long Life’s Education maka sudah jelas arahnya yaitu bahwa Pendidikan merupakan satu kesatuan dari kehidupan. Karena pendidikan adalah suatu proses untuk menuju ke arah tujuan hidup yang hakiki. Yaitu hidup yang sesuai tuntunan Sang Maha Pencipta. Kalau saja semua orang di dunia ini bisa mengamalkan Long Life’s Education ini, tentu akan damai dunia ini.

Agama dan Pendidikan

Agama adalah merupakan tuntunan hidup untuk manusia, yang di yakini oleh semua manusia yang terlahir di dunia ini. Semua agama mengajarkan kepada pemeluknya kebaikan dan kedamaian. Dan keyakinan ini sebetulnya adalah sesuatu yang sudah melekat dalam sanubari seseorang. Bahwasanya setiap orang percaya bahwa dirinya ada karena ada yang menciptakan. Lantas bagaimana dengan orang yang tidak taat beragama? Nah disinilah akan terpadu antara agama dan pendidikan. Jika ada manusia yang tidak taat terhadap agama berarti manusia tersebut tidak terdidik, kalaupun terdidik manusia tersebut tidak paham tenteng apa yang di maksud pendidikan. Sebab setahu saya tidak ada institusi pendidikan yang mengajarkan tidak baik.

Perlu Kampanye Long Life’s Education

Ternyata untuk merealisasikan apa yang di sebut Long Life’s Education, tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dan memang semua itu perlu waktu, untuk dapat terwujud. Bagi siapa yang berkeinginan untuk mengkampanyekan ini saya rasa baik.

Dan bagi siapa saja yang membaca tulisan ini mungkin akan tertawa geli, atau bahkan mencemooh atau apa saja boleh. Harap maklum tulisan ini di buat oleh orang yang tidak begitu paham tata bahasa. Jika anda seorang ahli dalam bahasa silahkan beri saya masukan. Semoga saran, teguran, ucapan apa saja dapat kiranya memperbaiki tulisan saya di kemudian hari.