Reuni SMP Pentingkah?

Di awal tahun 2008 scara tidak sengaja, saya ketemu teman satu sekolah dulu, ya itu sih sudah 20 tahun yang lalu. Itu pun hanya lewat internet. Rasa senang tentu ada karena mengingatkan kembali masa-masa pembelajaran dulu. Memang dunia pendidikan adalah dunia yang sangat menyenangkan. Dengan adanya pertemuan itu rasanya ingi juga ketemu dengan rekan-rekan yang lain. Ada pemikiran untuk menyatukan kembali alumnus yang sudah sekian tahun tidak pernah bertemu. Sayang sekali memang,begitu lulus SMP seolah -olah sudah selesai semua urusan termasuk bagaimana keadaan sekolah itu sekarang.

Kalo kita melihat Amerika yang notabene sudah negara maju, namun dari para pemimpinnya terus estafet memberikan sesuatu yang berguna , meski sudah tidak lagi memimpin.

Secara jujur kita akui hal semacam itu untuk bangsa kita bukan sesuatu yang mudah. Karena kita melihat kenyataan yang ada sekarang, namun juga ada semacam pemikiran kalau kita harus menghargai para pemimpin kita, baik yang sedang memimpin ataupun yang sudah pensiun/berhenti memimpin bangsa ini.

Tapi tampaknya ada indikasi ke arah sana. Apalagi kita yakin kalau bangsa kita adalah bangsa yang berbudaya tinggi, yang mengangkat harkat dan martabat manusia, tentu hal semacam itu akan mudah terwujud.

Kapan akan terwujud? Jawabanya di tangan masyarakat Indonesia, dan do’a kita semua. Amin.